Latest Entries »

Musashi Sushi, Sanjo

Kalo ngomong Jepang musti tau sushi, apalagi kalo sudah tinggal di Kyoto, Jepang pasti dech harus merasakan sushi ini. Sushi pada umumnya digolongkan berdasarkan bentuk nasi, antara lain nigirizushi, oshizushi, chirashizushi, inarizushi, dan narezushi. Pertama kali mencoba nya dulu ga suka, amis. Entah lama kelamaan jadi ketagihan, lidah nya udah bisa adaptasi. Malah kalo lama ga makan pasti kangen. Apalagi sushi di Musashi ini :p. Tambah Greentea dan Gari  (asinan Jahe) rasanya tambah mantab. Tapi tetep yang nama nya wasabi ga suka…. pedes nya menyengat ! hehe…

Saya paling suka sama Lobster Salad Sushi ini!


Lobster Salad Sushi: Ga cukup satu piring… pesen nya langsung 4 :p, ga pake wasabi lo ya!😀

Kepiting/ Kani/ Crap Sushi

Yuk dipilih sendiri!🙂. Sushi telah disiapkan ahli sushi di sushi bar, di kaitenzushi di atas piring-piring beredar.

Kalo sasa sih musti milih Sushi-roll Kepiting n Tamagoyaki sushi!😀

Fugu Sushi

Biasanya harga per piring di Musashi ini 137 yen. Tinggal itung jumlah piring nya, ketauan dech berapa jumlah yang harus dibayar😀. Selamat menikmati …!🙂

Note : Silahkan baca link : SUSHI

Pada dasar nya emang suka masakan berbumbu dan pedas (tapi pedas nya biasa saja :p). Makanya cocok banget sama masakan Korea yang rasanya kuat.  Ceritanya males masak karena dingin, eh malah keluar cari makan. Anggep Bonenkai party dengan ayah dan sasa😀
Lokasi nya dekat rumah, cukup bersepeda seperti biasanya…😀

Bibimbap with hot bowl (Menu wajib nih…:p)

Kimchi Beef  Stew

  Selamat Makan! :p

Nan dan Kare – nya bikin ketagihan. Rasa Roti Nan cenderung lebih manis daripada Nan india. Favorit Sasa ini …😀

30 December 2011
Dingin-dingin enak nya siy makan Teppan-yaki, tetep anget pas makan krn disajikan di `meja panas` yang langsung bisa dimakan😀

Japanese Beef Fried Rice

Japanese Beef Fried Rice with Hot Plate

Japanese Squid Fried Noddle with mentaiko

Squid Okonomiyaki

Cukup bersepeda! Lokasi nya sih deket dengan Apato :p

Hiroshima Okonomiyaki

  • Oyster Hiroshima Okonomiyaki
  • Resto : Miyajimaguchi – Ferry Port Terminal
  • Harga : 980 Yen.

Rawon ala Windy

My first handmade rawon😀

Klo ini resep mama😀. Bikin nya udah setaun yang lalu, tapi baru posting resep nya kali ini.. (basi banget ya :p)

Bahan :

  • Daging Rawonan
  • Kluwak, ambil dalam nya, rendam air hangat
  • Bawang pre
  • Bawang merah goreng (kalo ada :D)
  • Air asam jawa
  • Minyak goreng

Bumbu, haluskan :

  • Garam
  • Gula
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Merica

Bahan Bumbu pelengkap, Susun dan jadikan satu dengan tali :

  • Jahe
  • Kencur
  • Kunyit
  • Laos (lengkuas)
  • Serai
  • Daun jeruk

Cara membuat :

  1. Cuci dan rebus daging hingga lunak. Agar meresep sebaiknya rebus bersama kluwah yang telah d rendam air hangat tadi. Daging yang sudah lunak angkat dan potong dadu.
  2. Gongso bumbu halus dengam minyak goreng sampe berbau harum.
  3. Masukan ke air rebusan daging beserta bumbu yang di tali dan air asam jawa.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Sajikan bersama bawang merah goreng dan tauge pendek ( perkecualian jika d jepang😀, bisa d ganti dengan taburan bawang pre)
  6. Selamat mencobaaaaaaaaaa…

Kebiasaan sebelum memasak yang satu ini emang dari dulu yaitu Acara bukak kulkas😀. Taraa …… ternyata menemukan sayap ayam yang lumayan banyak. Dibikin ungkep sayap ayam goreng aja.  Niy coba tulis resep nya😀

 

 

Bahan :

  • 1/2kg Sayap Ayam Goreng
  • 2 sdt Cuka

Bumbu, Haluskan :

  1. Garam
  2. 3 siung Bawang putih
  3. 1 sdt Merica
  4. 2 cm, Kunyit
  5. 1sdt Ketumbar

Cara membuat :

  1. Rebus sayap ayam. Beri sedikit cuka. Sisakan Air rebusan nya.
  2. Masukan bumbu yang dihaluskan kedalam rebusan sayap ayam. Tutup panci dan tunggu sampe air nya habis.
  3. Goreng sayap ayam dengan minyak goreng sampai berwarna kecoklatan.
  4. Sajikan selagi panas..

NB :

  • Jangan lupa untuk menutup wajan penggorengannya.
  • Tambah cocol an sambal botol pasti tambah nikmat ^;^
  • Simpan sisa ungkep sayap ayam di kulkas, goreng jika menjelang waktu makan saja.
  • Selamat mencobaaa….

Sebelum nya sih belum pernah makan. Iseng-iseng ketika belanja di suppa, ada mie ini…….dan ternyata aman di konsumsi karena rasanya plain. Jadilah iseng-iseng mie kering ala Makasar hehe. Kebetulan diperkenalkan oleh tetangga dekat rumah yang Warga Makasar hehe.. (Makasih ya Mbak Hera ^;^). Salah satu keuntungan tinggal di LN, dan mempunyai tetangga berbagai suku dan bangsa se Nusantara😀.

Klo sup nya sih versi saya sendiri (muga-muga bisa tergolong mie kering ya) haha. Mengkondisikan yang ada didalam kulkas lah, seperti biasa ..:

Bahan:

  • Daging sapi
  • Wortel
  • Jagung muda
  • Sawi putih /Ijo (tergantung selera)
  • Telur
  • Seledri
  • Bawang pre
  • Jamur
  • Kucai
  • Tepung Maizena (bisa d ganti tepung terigu)

Bumbu, Haluskan :

  • Garam
  • Bawang Putih
  • Merica bubuk

Cara membuat :

  1. Rebus daging sapi. Potong dadu, sisakan air kaldu rebusan nya. Sisihkan.
  2. Iris bahan isi-an sup sesuai selera, bahan bisa di tambah sesuai selera.
  3. Haluskan Bumbu.
  4. Masukan bumbu halus ke dalam rebusan daging. Masukan telur  kemudian aduk. Berturut-turut masukan wortel, jamur, jagung muda, sawi putih. Terakhir seledri, kucai dan bawang pre.
  5. Tepung terigu yang sebelumnya sudah diberi air, masukan ke dalam sup. Aduk sampe memgental.
  6. Sajikan. Siram mie kering dengan kuahnya.
  7. Jangan lupa : Taburi bawang goreng dan tambahkan sambal botol ! Pasti mantab … :D~
  8. Selamat mencobaaaaaaa…^^

Sate Telur Puyuh

Klo ga salah ini coba-coba resep di Internet, sebelumnya karena punya `tugas` bikin telur puyuh ini untuk iftar party / buka puasa bersama. Dan hasilnya sih tidak mengecewakan… enak enak enak…😀

Bahan:

  • 20 butir, telur puyuh mentah
  • 400 ml, air kelapa
  • gula merah serut
  • 1 lbr, daun salam
  • 2 cm, lengkuas, memarkan
  • 1/2 sdt asam jawa

Bumbu, Haluskan :

  • bawang merah 5 butir
  • bawang putih 5 siung
  • ketumbar 1/2 sdt
  • gula pasir 1/2 sdt
  • garam secukupnya

Cara Membuat Sate Puyuh:

  1. Rebus telur puyuh hingga matang. Angkat. Kupas kulitnya. Sisihkan.
  2. Campur bumbu halus, daun salam, lengkuas, asam jawa dan gula merah dalam panci, aduk rata.
  3. Masukkan telur puyuh, tuangkan air kelapa.
  4. Rebus di atas api kecil hingga air menyusut.
  5. Masak sambil sesekali diaduk, agar bumbu meresap.
  6. Angkat dan tiriskan.
  7. Ambil tusuk sate, tusukkan 3 butir telur puyuh.
  8. Sajikan
NB :
  • Bila tidak ada air kelapa, bisa menggantinya dengan air putih biasa.
  • Agar warnanya bagus, gunakan gula merah yang berwarna coklat tua bukan yang kuning keemasan.
  • Selamat mencoba..^+^



Sambal Kluwak

 

 

 

Bahan:

  • 5bh  cabai merah
  • 5bh  cabai rawit
  • 5bh  kluwak
  • 5bh  bawang merah
  • 5 bh bawang putih
  •   kencur
  • ½sdt  garam
  •   gula merah
  • 1sdt  air asam jawa

Cara Membuat:

  1. Pilih kluwak yang koclak, cicipi kluwak, bila pahit jangan dipakai. Rendam air panas, tiriskan.
  2. Sangrai bawang merah dan bawang putih bersama kulitnya sampai matang. Kupas.
  3. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, kluwak, kencur, garam, dan gula merah sampai agak halus.
  4. Tambahkan air asam, aduk rata.
  5. Sajikan sambal kluwek bersama lalapan dan ikan asin!
  6. Selamat menikmati…^;^
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.