Category: Resep Masakan Ala Windy


Rawon ala Windy

My first handmade rawon 😀

Klo ini resep mama :D. Bikin nya udah setaun yang lalu, tapi baru posting resep nya kali ini.. (basi banget ya :p)

Bahan :

  • Daging Rawonan
  • Kluwak, ambil dalam nya, rendam air hangat
  • Bawang pre
  • Bawang merah goreng (kalo ada :D)
  • Air asam jawa
  • Minyak goreng

Bumbu, haluskan :

  • Garam
  • Gula
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Merica

Bahan Bumbu pelengkap, Susun dan jadikan satu dengan tali :

  • Jahe
  • Kencur
  • Kunyit
  • Laos (lengkuas)
  • Serai
  • Daun jeruk

Cara membuat :

  1. Cuci dan rebus daging hingga lunak. Agar meresep sebaiknya rebus bersama kluwah yang telah d rendam air hangat tadi. Daging yang sudah lunak angkat dan potong dadu.
  2. Gongso bumbu halus dengam minyak goreng sampe berbau harum.
  3. Masukan ke air rebusan daging beserta bumbu yang di tali dan air asam jawa.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Sajikan bersama bawang merah goreng dan tauge pendek ( perkecualian jika d jepang :D, bisa d ganti dengan taburan bawang pre)
  6. Selamat mencobaaaaaaaaaa…
Advertisements

Kebiasaan sebelum memasak yang satu ini emang dari dulu yaitu Acara bukak kulkas :D. Taraa …… ternyata menemukan sayap ayam yang lumayan banyak. Dibikin ungkep sayap ayam goreng aja.  Niy coba tulis resep nya 😀

 

 

Bahan :

  • 1/2kg Sayap Ayam Goreng
  • 2 sdt Cuka

Bumbu, Haluskan :

  1. Garam
  2. 3 siung Bawang putih
  3. 1 sdt Merica
  4. 2 cm, Kunyit
  5. 1sdt Ketumbar

Cara membuat :

  1. Rebus sayap ayam. Beri sedikit cuka. Sisakan Air rebusan nya.
  2. Masukan bumbu yang dihaluskan kedalam rebusan sayap ayam. Tutup panci dan tunggu sampe air nya habis.
  3. Goreng sayap ayam dengan minyak goreng sampai berwarna kecoklatan.
  4. Sajikan selagi panas..

NB :

  • Jangan lupa untuk menutup wajan penggorengannya.
  • Tambah cocol an sambal botol pasti tambah nikmat ^;^
  • Simpan sisa ungkep sayap ayam di kulkas, goreng jika menjelang waktu makan saja.
  • Selamat mencobaaa….

Sebelum nya sih belum pernah makan. Iseng-iseng ketika belanja di suppa, ada mie ini…….dan ternyata aman di konsumsi karena rasanya plain. Jadilah iseng-iseng mie kering ala Makasar hehe. Kebetulan diperkenalkan oleh tetangga dekat rumah yang Warga Makasar hehe.. (Makasih ya Mbak Hera ^;^). Salah satu keuntungan tinggal di LN, dan mempunyai tetangga berbagai suku dan bangsa se Nusantara :D.

Klo sup nya sih versi saya sendiri (muga-muga bisa tergolong mie kering ya) haha. Mengkondisikan yang ada didalam kulkas lah, seperti biasa ..:

Bahan:

  • Daging sapi
  • Wortel
  • Jagung muda
  • Sawi putih /Ijo (tergantung selera)
  • Telur
  • Seledri
  • Bawang pre
  • Jamur
  • Kucai
  • Tepung Maizena (bisa d ganti tepung terigu)

Bumbu, Haluskan :

  • Garam
  • Bawang Putih
  • Merica bubuk

Cara membuat :

  1. Rebus daging sapi. Potong dadu, sisakan air kaldu rebusan nya. Sisihkan.
  2. Iris bahan isi-an sup sesuai selera, bahan bisa di tambah sesuai selera.
  3. Haluskan Bumbu.
  4. Masukan bumbu halus ke dalam rebusan daging. Masukan telur  kemudian aduk. Berturut-turut masukan wortel, jamur, jagung muda, sawi putih. Terakhir seledri, kucai dan bawang pre.
  5. Tepung terigu yang sebelumnya sudah diberi air, masukan ke dalam sup. Aduk sampe memgental.
  6. Sajikan. Siram mie kering dengan kuahnya.
  7. Jangan lupa : Taburi bawang goreng dan tambahkan sambal botol ! Pasti mantab … :D~
  8. Selamat mencobaaaaaaa…^^

Sate Telur Puyuh

Klo ga salah ini coba-coba resep di Internet, sebelumnya karena punya `tugas` bikin telur puyuh ini untuk iftar party / buka puasa bersama. Dan hasilnya sih tidak mengecewakan… enak enak enak… 😀

Bahan:

  • 20 butir, telur puyuh mentah
  • 400 ml, air kelapa
  • gula merah serut
  • 1 lbr, daun salam
  • 2 cm, lengkuas, memarkan
  • 1/2 sdt asam jawa

Bumbu, Haluskan :

  • bawang merah 5 butir
  • bawang putih 5 siung
  • ketumbar 1/2 sdt
  • gula pasir 1/2 sdt
  • garam secukupnya

Cara Membuat Sate Puyuh:

  1. Rebus telur puyuh hingga matang. Angkat. Kupas kulitnya. Sisihkan.
  2. Campur bumbu halus, daun salam, lengkuas, asam jawa dan gula merah dalam panci, aduk rata.
  3. Masukkan telur puyuh, tuangkan air kelapa.
  4. Rebus di atas api kecil hingga air menyusut.
  5. Masak sambil sesekali diaduk, agar bumbu meresap.
  6. Angkat dan tiriskan.
  7. Ambil tusuk sate, tusukkan 3 butir telur puyuh.
  8. Sajikan
NB :
  • Bila tidak ada air kelapa, bisa menggantinya dengan air putih biasa.
  • Agar warnanya bagus, gunakan gula merah yang berwarna coklat tua bukan yang kuning keemasan.
  • Selamat mencoba..^+^



Sambal Kluwak

 

 

 

Bahan:

  • 5bh  cabai merah
  • 5bh  cabai rawit
  • 5bh  kluwak
  • 5bh  bawang merah
  • 5 bh bawang putih
  •   kencur
  • ½sdt  garam
  •   gula merah
  • 1sdt  air asam jawa

Cara Membuat:

  1. Pilih kluwak yang koclak, cicipi kluwak, bila pahit jangan dipakai. Rendam air panas, tiriskan.
  2. Sangrai bawang merah dan bawang putih bersama kulitnya sampai matang. Kupas.
  3. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, kluwak, kencur, garam, dan gula merah sampai agak halus.
  4. Tambahkan air asam, aduk rata.
  5. Sajikan sambal kluwek bersama lalapan dan ikan asin!
  6. Selamat menikmati…^;^

Iseng bikin saus nanas, ternyata hasilnya enyaaak enyaaak enyaak… ^x^

 

Bahan :

  • Daging kepiting / Kepiting Kupas
  • Tepung Terigu
  • Garam
  • Merica
  • Bawang putih

Saus :

  • Mentega
  • Bawang merah
  • Bawang Putih Bombay
  • Tomat
  • Saus bangkok
  • Nanas, iris
  • Bawang Pre
  • Garam
  • Gula

Cara membuat

  1. Rebus kepiting besar ambil daging nya ato lebih mudahnya beli kepiting kupas saja :p
  2. Goreng setengah matang kepiting yang telah dilumuri adonan tepung terigu, garam, merica. Sisihkan
  3. Buat saus nya. Masukan mentega bawang merah, bawang pre dan bawang putih tumis sampe berbau harum. Masukan garam, gula, saus bangkok dan tomat.  Terakhir nanas yang sudah d potong2. Masukan tepung terigu cair, aduk sampe saus mengental.
  4. Siram saus ke kepiting goreng tepung,.
  5. Sajikan Hangat.
  6. Selamat mencoba ^;^

Udah ngeluarin daging sapi sekilo dari frezer pikiran pertama nya sih pengen bikin rawon aja di hari sabtu. Mumpung suami lagi di rumah. Sambil nunggu daging nya mencair, nyantol di Laptop lagi eh nemuin  gambar empal gepuk. Jadi pengen masak empal gepuk aja sebagiannya. Separohnya lagi buat rawon minggu besok nya dech.. ixixixi.
Mumpung d kulkas ada sawi, ceritanya mo bikin bobor sawi. Kasih lauk empal gepuk pasti makyuss tenan hehe.

Bahan :

  • 500 gr daging sapi
  • 2 sdm asam jawa
  • 2 sdm gula jawa
  • 6 siung bawang merah, cincang
  • 2 sdt ketumbar, sangrai, tumbuk
  • 1/2 sdt jintan, sangrai, tumbuk
  • garam
  • merica bubuk
  • minyak goreng, untuk menggoreng
  • 1 sdm bawang goreng, untuk taburan

CARA MEMBUAT :

  • Rebus daging hingga matang, iris menjadi beberapa bagian, lalu memarkan
  • Larutkan asam dan gula jawa dengan sedikit air rebusan daging, sisihkan
  • Masukkan kembali dagingnya ke dalam air rebusan, lalu rebus kembali bersama semua bahan hingga kuah mengental
  • Angkat dagingnya, lalu goreng hingga matang.
  • Hidangkan bersama sambal dan taburan bawang goreng
Selamat mencobaaa….

Empal gepuk buat cemilan enak juga!

Masakan murah meriah dan mudah d temukan d manapun, t terkecuali d jepang :p

Bahan : Tahu, Tempe dan Kacang merah (red beans) klo d kampung ku sih nyebut nya loto (lebih gurih sih :D)

Bumbu Lodeh Biasanya :

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabe merah
  • Cabe Rawit
  • Tomat
  • Laos
  • Daun salam
  • Garam
  • Gula

Cara membuat :

  • Haluskan semua bumbu, kecuali daun salam dan laos. (bisa juga cuman d iris, tergantung selera sih he he)
  • Gongso bumbu halus dengan sedikit minyak panas. Masukan tempe, tahu, dan kacang merah.  Beri Garam dan gula. Oseng sebentar.
  • Beri air santan.
  • Tunggu sampai bumbu meresap.
  • Sajikan dengan  taburan bawang merah goreng.
  • ( Dimakan dengan lontong tambah maknyuss :p)
  • 😀

Klo makanan satu ini g akan ada yang asing (emang posting makanan disini asing semua hahaha).  Ngeresep nya jelas mudah wong tinggal nyediain Daging kambing aja trus bakar dech…:D

  • Ada tips agar daging kambing frezer empuk : Marinate daging kambing yang sudah d potong2 dengan sedkit garam dan bawang putih yang sudah d haluskan. InsyaAllah daging akan terasa lebih enak dan empuk.
  • Waktu membakar, campur sedikit bumbu kacang (udah bisa semualah bikin nya) dan kecap … hmm… d jamin bau dan rasanya g kalah mantab 🙂
  • Sajikan dengan bawang merah mentah (berhubung g ada adanya bawang merah goreng, g kalah nyem nyem dech^^)

Cuman pengen upload aja.. Klo resep na pasti udah tau semua 😀

  • Ikan asin alias jambal roti (goreng)
  • Sambel Trasi : Bawang merah, Bawang putih, Cabe Besar  , Tomat, Cabe Rawit : Goreng dulu baru Ulek di cuwek tambah garam, gula aren …..
  • Sajikan dengan Nasi Putih Panasss.!! 😀