Category: Masakan Ayam


Kebiasaan sebelum memasak yang satu ini emang dari dulu yaitu Acara bukak kulkas :D. Taraa …… ternyata menemukan sayap ayam yang lumayan banyak. Dibikin ungkep sayap ayam goreng aja.  Niy coba tulis resep nya 😀

 

 

Bahan :

  • 1/2kg Sayap Ayam Goreng
  • 2 sdt Cuka

Bumbu, Haluskan :

  1. Garam
  2. 3 siung Bawang putih
  3. 1 sdt Merica
  4. 2 cm, Kunyit
  5. 1sdt Ketumbar

Cara membuat :

  1. Rebus sayap ayam. Beri sedikit cuka. Sisakan Air rebusan nya.
  2. Masukan bumbu yang dihaluskan kedalam rebusan sayap ayam. Tutup panci dan tunggu sampe air nya habis.
  3. Goreng sayap ayam dengan minyak goreng sampai berwarna kecoklatan.
  4. Sajikan selagi panas..

NB :

  • Jangan lupa untuk menutup wajan penggorengannya.
  • Tambah cocol an sambal botol pasti tambah nikmat ^;^
  • Simpan sisa ungkep sayap ayam di kulkas, goreng jika menjelang waktu makan saja.
  • Selamat mencobaaa….

Buat yang tinggal d tulungagung dan sekitarnya musti ga asing dengan makanan satu ini. Tinggal beli d Bu Mamik ato d lesehan banyak yang jual. Karna kangen masakan ini akhir nya ak iseng-iseng bikin.

Masalah na niy d jepang, yang bumbu2 na sulit d dapatkan. Emang klo mau hasil yang sama kudu pake bumbu yang sama. Butuh pengorbanan lah^0^

Eeeeeh setelah d coba … ternyata enak, bumbu na sih dari resep mama he he he (padahal kami sendiri asli banyuwangi:D)…tapi ga masalah yang penting niy ak coba tuliskan resep membuat lodho ayam na .

Bahan: Paha Ayam (bisa d ganti yang lain ..bebaaaass).. klo ak sih cenderung suka yang bagian bertulang. Soal na bisa sambil ber titil2 ria he he he

Bumbu:

  • Garam
  • Gula aren
  • Bawang merah (kebetulan ak pake bawang bombay merah)
  • Bawang putih
  • Merica
  • Ketumbar
  • Jahe
  • Kencur
  • Kunyit
  • Lengkuas
  • Asem
  • kemiri
  • Daun jeruk purut
  • Daun salam

Cara membuat :

  1. Kukus ato rebus ayam. Ambil air kaldu nya. Trus ayam d goreng setengah matang. Sisihkan.
  2. Haluskan semua bumbu. Kecuali daun salam.
  3. Siapkan wajan. Beri minyak goreng, gongso bumbu yang telah d haluskan.
  4. Masukan ayam yang telah d goreng setengah matang ke bumbu sambil aduk2 dan beri daun salam
  5. masukkan air kaldu rebusan ayam tadi. Tunggu beberapa menit sampe bumbu nya meresap.
  6. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng (klo ak sih pake bawang pre… males goreng na he he he) ^^

* biasa nya d makan dengan nasi gurih. Cara membuat na cukup dengan mencampur beras, air santan, garam dan daun salam pas mo masak d magicom nya…

Siap d santap ^^Lodho Ayam Tulungagung