Category: Masakan Daging Sapi


Rawon ala Windy

My first handmade rawon ūüėÄ

Klo ini resep mama :D. Bikin nya udah setaun yang lalu, tapi baru posting resep nya kali ini.. (basi banget ya :p)

Bahan :

  • Daging Rawonan
  • Kluwak, ambil dalam nya, rendam air hangat
  • Bawang pre
  • Bawang merah goreng (kalo ada :D)
  • Air asam jawa
  • Minyak goreng

Bumbu, haluskan :

  • Garam
  • Gula
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Merica

Bahan Bumbu pelengkap, Susun dan jadikan satu dengan tali :

  • Jahe
  • Kencur
  • Kunyit
  • Laos (lengkuas)
  • Serai
  • Daun jeruk

Cara membuat :

  1. Cuci dan rebus daging hingga lunak. Agar meresep sebaiknya rebus bersama kluwah yang telah d rendam air hangat tadi. Daging yang sudah lunak angkat dan potong dadu.
  2. Gongso bumbu halus dengam minyak goreng sampe berbau harum.
  3. Masukan ke air rebusan daging beserta bumbu yang di tali dan air asam jawa.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Sajikan bersama bawang merah goreng dan tauge pendek ( perkecualian jika d jepang :D, bisa d ganti dengan taburan bawang pre)
  6. Selamat mencobaaaaaaaaaa…
Advertisements

Sebelum nya sih belum pernah makan. Iseng-iseng ketika belanja di suppa, ada mie ini…….dan ternyata aman di konsumsi karena rasanya plain. Jadilah iseng-iseng mie kering ala Makasar hehe. Kebetulan diperkenalkan oleh tetangga dekat rumah yang Warga Makasar hehe.. (Makasih ya Mbak Hera ^;^). Salah satu keuntungan tinggal di LN, dan mempunyai tetangga berbagai suku dan bangsa se Nusantara :D.

Klo sup nya sih versi saya sendiri (muga-muga bisa tergolong mie kering ya) haha. Mengkondisikan yang ada didalam kulkas lah, seperti biasa ..:

Bahan:

  • Daging sapi
  • Wortel
  • Jagung muda
  • Sawi putih /Ijo (tergantung selera)
  • Telur
  • Seledri
  • Bawang pre
  • Jamur
  • Kucai
  • Tepung Maizena (bisa d ganti tepung terigu)

Bumbu, Haluskan :

  • Garam
  • Bawang Putih
  • Merica bubuk

Cara membuat :

  1. Rebus daging sapi. Potong dadu, sisakan air kaldu rebusan nya. Sisihkan.
  2. Iris bahan isi-an sup sesuai selera, bahan bisa di tambah sesuai selera.
  3. Haluskan Bumbu.
  4. Masukan bumbu halus ke dalam rebusan daging. Masukan telur  kemudian aduk. Berturut-turut masukan wortel, jamur, jagung muda, sawi putih. Terakhir seledri, kucai dan bawang pre.
  5. Tepung terigu yang sebelumnya sudah diberi air, masukan ke dalam sup. Aduk sampe memgental.
  6. Sajikan. Siram mie kering dengan kuahnya.
  7. Jangan lupa : Taburi bawang goreng dan tambahkan sambal botol ! Pasti mantab … :D~
  8. Selamat mencobaaaaaaa…^^

Udah ngeluarin daging sapi sekilo dari frezer pikiran pertama nya sih pengen bikin rawon aja di hari sabtu. Mumpung suami lagi di rumah. Sambil nunggu daging nya mencair, nyantol di Laptop lagi eh nemuin  gambar empal gepuk. Jadi pengen masak empal gepuk aja sebagiannya. Separohnya lagi buat rawon minggu besok nya dech.. ixixixi.
Mumpung d kulkas ada sawi, ceritanya mo bikin bobor sawi. Kasih lauk empal gepuk pasti makyuss tenan hehe.

Bahan :

  • 500 gr daging¬†sapi
  • 2 sdm asam jawa
  • 2 sdm gula jawa
  • 6 siung bawang merah, cincang
  • 2 sdt ketumbar, sangrai, tumbuk
  • 1/2 sdt jintan, sangrai, tumbuk
  • garam
  • merica bubuk
  • minyak goreng, untuk menggoreng
  • 1 sdm bawang goreng, untuk taburan

CARA MEMBUAT :

  • Rebus daging hingga matang, iris menjadi beberapa bagian, lalu memarkan
  • Larutkan asam dan gula jawa dengan sedikit air rebusan daging, sisihkan
  • Masukkan kembali dagingnya ke dalam air rebusan, lalu rebus kembali bersama semua bahan hingga kuah mengental
  • Angkat dagingnya, lalu goreng hingga matang.
  • Hidangkan bersama sambal dan taburan bawang goreng
Selamat mencobaaa….

Empal gepuk buat cemilan enak juga!

Bahan Membuat Rolade Telur Dadar Kornet

  1. Kornet Daging Sapi atau Daging Cincang
  2. Telur
  3. Tomat
  4. Bawang Bombay
  5. Bawang putih
  6. Garam
  7. Merica
  8. Telur puyuh, Rebus dan kuliti.
  9. Kentang Goreng
  10. Buncis Rebus
  11. Wortel Rebus

Isi:

 

  • 175 gr daging sapi giling (Cincang) ¬†atau Kornet Daging Sapi Kaleng
  • 1/2 bh bawang bombai,¬†cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 btr telur
  • 1/2 gr merica bubuk
  • Telur Puyuh Rebus

Dadar:

  • 4 btr telur, kocok lepas
  • 1/4 sdt garam
  • Tepung Terigu
  • Tomat
  • Minyak goreng / Margarin

Saus:

  • 50 gr margarin
  • 2 kuntum cengkih
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 50 ml kecap inggris
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 50 ml air
  • 350 ml air, tuang sedikit-sedikit

Pelengkap:

  • Kentang goreng
  • Wortel dan buncis rebus

Cara Membuat Masakan Rolade Daging :

  1. Buat dadar, aduk bahan dadar. Dadar  di wajan antilekat.
  2. Buat isi, Masukan Margarin kemudian Bawang putih dan bawang bombay. Masukan kornet.. Oseng sampai berubah warna.
  3. Letakan Dadar Telur pada kertas aluminium, Masukan Isi (kornet) dan telur puyuh rebus kemudian Gulung dengan kertas aluminium. Lpat pinggiran kertas dengan rapi agar isi Rapi.
  4. Dinginkan.
  5. Panaskan margarin, Buat saus.
  6. Potong-potong sajikan dengan saus, kentang dan sayuran.

Selamat Mencoba ^^

Bikin semur urat/ daging yang nikmat d lidah..^^ meskipun buat nya sangat sederhana n yang pasti cepet banget..:)

Bahan:

Daging 250 gram, jamur jepang (kanoki), wortel, bawang pre, seledri.

Bumbu:

Garam, gula, merica, bawang putih, bawang bombay, pala, kecap manis.

Cara membuat:

Rebus daging sampe lunak.  Masukkan bawang putih yang telah d cincang. Masukkan wortel yang telah d iris tipis serta bawang bombay. kemudian kanoki.

Masukkan satu persatu bumbu mulai dari garam, gula, merica, pala bubuk. Tambahkan pelengkap rasa masako (bila perlu).  Terakhir kecap manis secukupnya.

Hidangkan dengan taburan bawang merah goreng. Siap d santap^^