Category: Masakan Ikan


Sore yang bersalju membuatku pengen makana yang pedes2. Tujuan an sih biar badan anget :p. Bukak kulkas eh kosong.. so harus belanja dulu dech. Untung nya suppa Nakamura deket banget sama Apatoku. G ada setengah jam, udah bawa 2 kantong plastik besar menuju ke rumah.

Tadi g lupa belanja ikan seger, pengen bikin balado ikan. Ikan nya sih kecil-kecil gitu g tau namanya.  Eh ternyata semua  bunting alias bertelur, kog bisa kompak gitu yaa… he he..

Cukup dech cerita belanja nya. Sekarang bikin Balado ikan nya ya^^

Bahan

  • Ikan seger (ikan apa aja dech..)
  • Kentang / Pete (buat campuran)

Bumbu , Haluskan :

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Tomat
  • Cabe rawit kecil
  • Cabe merah besar
  • Kemiri

Bumbu tambahan (Iris)

  • Daun jeruk
  • Laos
  • Gula Merah
  • Asem
  • Cabe rawit n cabe merah  iris ( sesukanya ^^)

Cara Membuat :

  1. Goreng ikan segar (bisa setengah mateng / matang sesuai selera). Sisihkan
  2. Siapkan wajan beri sedikit minyak goreng. Masukan bumbu yang telah d haluskan ke dalam wajan. Gongso sampai berbau harum. Beri Garam dan gula secukup nya.
  3. Masukan bahan tambahan Daun jeruk, Laos, Asem, dan irisan Cabe
  4. Tambahkan air secukupnya.
  5. Masukan Ikan yang telah d goreng dan kentang (sebaik nya kentang d goreng setengah matang juga)
  6. Ungkep sampe bumbu meresap.
  7. Angkat, sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

* tidak d sarankan untuk balita, karena pedasnya bukan kepalang he he he…

Selamat menikmati ^^

Advertisements

Waktu belanja di fresco pengin na beli udang, eh.. tapi lg mahal (lagi ga promo sih). Trus ada obasan  yang sibuk milih ikan.. eh ternyata orang tua malah milih kepala ikan. Emang ikan mengadung omega 3 khan, bagus.. biar ga pikunan he he.  Wah… jadi pengen nyoba dech. Padahal sebelum nya ga pernah masak sendiri (tinggal makan aja hihi)..

Iseng2 dah akhirnya beli juga. Kayak na lumayan enak niy ikan soal nya cuman separo iris aja harganya 280yen. Sekali makan dah habis niy he he..:)

Mulai search google dech n nemuin resep kepala ikan. Tapi.. stok bumbu d rumah lagi ga komplit.  so pake aja yang ada…he he. Ternyata hasil na lumayan jg untuk ukuran pemula ^^

Bahan:

Kepala ikan – lah he he

Bawang bombay, bawang pre, tomat,jahe, lengkuas, daun salam, cabe merah keriting ama sere

Bumbu:

Garam, merica, tumbar, bawang putih, kemiri.  (haluskan) tambah bawang merah `jika ada`

Cara membuat:

Masukkan olive oil secukupnya.. setelah panas masukkan bumbu yang telah d haluskan. Sambil gongso sampe harum. Masukkan semua bahan: bawang bombay, tomat, jahe, lengkuas,irisan cabe merah keriting , daun salam n sere. Beri air … tambah gula n masako. Masukkan kepala ikan… ::::usahakan jangan mengaduk2, soal na bisa bikon kepala ikan ancur::. Tunggu beberapa saat. Angkat. Sajikan dengan taburan bawang pre n bawang merah goreng.

Met nitil-nitil^^